Turki Simpan Banyak Akta Yerusalem

Ada sekitar 171,306 akta yang tercatat dalam 46 register Yerusalem di catatan arsip Ustmani. Dari pelbagai akta ini, 133,365 berupa properti pribadi dan 37,671 milik yayasan. Disamping itu, arsip Turki juga mencatat Yerusalem antara 950 hingga 1917 Hijriyah. 

Diantara catatan properti pribadi 139 akta miliki Sultan Abdul Hamid II, 137 diserahkan kepada perbendaharaan negara di masa lalu. Dua yang masih tersisa ada di kawasan Erihav, Yerusalem. Catatan itu menunjukkan bahwa ada sebidang tanah sekitar 30 ribu meter persegi yang masih tercatat atas nama Sultan Abdul Hamid II.

Pelbagai akta yang membuktikan bahwa Palestina milik rakyat Palestina diserahkan kepada para pejabat Palesyina. Israel tidak meminta catatan akta dari Turki. Jika Israel minta catatan ini, artinya Israel akan menerima kedudukannya sebagai penjajah Palestina. 

Sebuah memorandum yang ditandatangani antara Palestina dan Yordania. Prosedur semacam pemeliharaan dan perbaikan yayasan di Yerusalem  diserahkan ke Yordania. Oleh karena itu, pada 2016, atas permintaan Yordania, Turki memberikan salinan akta yayasan di Yerusalem kepada Yordania. 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *