Ulang Tahun Hari Pers: Aparat Keamanan Mesir Gerebek Media Independen

Aparat keamanan menyerbu kantor dua koran independen dan menahan sebentar pemimpin salah satu koran tersebut, Mustafa Sakr. 

Kantor koran keuangan berbahasa Arab Al Borsa dan Harian Berita Mesir dalam bahasa Inggris yang populer diserbu aparat keamanan pekan ini. 

Pasukan polisi berseragam preman yang mengaku dari otoritas hak cipta menyerbu markas koran tadi dan menyita puluhan komputer kantor. Mereka merampas komputer-komputer tadi dengan dalih untuk menyelidiki apakah ada perangkat lunak komputer bajakan yang digunakan. 

Tidak lama kemudian, Sakr dibebaskan, namun pemilik koran ini sejak lama telah menjadi target junta militer Mesir karena tuduhan terkait dengan Ikhwanul Muslimin yang dilarang.

Serangan terhadap media dan jurnalis di Mesir meningkat tajam seiring naiknya junta militer presiden Abdel Fattah al Sisi setelah mengkudeta pemerintah Presiden Muhammad Mursi yang terpilih secara demokratis. 

Reporters Without Borders menempatkan Mesir dalam daftar hitam  dan menempati urutan ke 161 dalam indeks kebebasan pers tahun ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *