Update: Percobaan Kudeta Gagal

PM Binali Yildrim pagi ini menyatakan bahwa Turki sekarang sudah berada dibawah kendali pemerintah setelah upaya kudeta oleh sekelompok kecil faksi dalam militer.

Jum’at malam, sekelompok kecil militer menyatakan kudeta dan pemberlakuan keadaan darurat. Mereka mengklaim telah mengendalikan “negara”, sesaat setelah bandara Istabul ditutup dan beberapa jet tempur terbangย di udara Istanbul dan Ankara.

Markas intelejen MIT sempat diserang helikopter tempur sebelum kudeta berhasil digagalkan, “ungkap juru bicara pemerintah.

 

Yildrim memerintahkan larangan zona terbang di ibukota Ankara.

Sebanyak 50 prajurit pelaku kudeta telah ditangkap.

Seruan Presiden Erdogan kepada rakyat Turki ย untuk turun ke jalan yang segera disambut ratusan ribu massaย cukup efektif menggagalkan percobaanย kudeta, disamping terpecahnya dukungan internal militer dan sikap para pemimpin dunia yang tegas mendukung pemerintahan Erdogan yang terpilih secara demokratis.

Sebelumnya, Presiden Obama menyerukan semua pihak di Turki untuk mendukung pemerintahan yang terpilih, menahan diri dan menghindari tindakan kekerasan dan pertumpahan darah.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *