Wabah Kholera Menyerang Separuh Penduduk Yaman

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan hari ini bahwa wabah kolera ย mengancam separuh provinsi Yaman ditengah konflik berkepanjangan yang telah menghancurkan infrastruktur sosio-politik negeri itu. Menurut WHO, 11 dari 21 provinsi Yaman telah melaporkan kasus penyakit tersebut. Taiz dan Aden terdampak besar wabah tersebut.

Taksiran sementara WHO menunjukkan bahwa 7,6 juta jiwa penduduk Yaman yang terkoyak perang terdampak oleh wabah kolera. Perang telah menyebabkan penduduk terusir dari rumah-rumah mereka dan kini sekitar 3 juta penduduk beresiko terdampak oleh penyakit yang berasal dari air yang tidak bersih tadi.

Petugas kesehatan di Yaman tidak sanggup lagi menangani wabah tersebut. Pekan lalu, disebutkan bahwa lebih dari separuh fasilitas kesehatan yang ada di negara itu tidak berfungsi.

Yaman terjebak dalam kekacauan yang berkepanjangan sejak akhir 2014, ketika pemberontak Houthi dan sekutunya menguasai ibukota Sanaa dan beberapa wilayah lainnya, Sejak itu, Yaman terjebak dalam perang antara Houthi dengan sekutunya mantan Presiden Ali Abdullah Saleh yang terguling melawan pasukan pemerintah yang setia kepada Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi, bersama dengan pasukan perlawanan dan ketua suku yang didukung koalisi Saudi.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *