Yordania Protes Israel atas Penodaan Masjid al Aqsha

Yordania Ahad mengirim surat protes ke Israel atas pelanggaran yang terus berlangsung atas Masjid al Aqsha. 

Surat yang dikirimkan ke Menlu Israel berisi protes tindakan Israel yang membiarkan para ekstrimis Yahudi masuk ke kompleks Masjid dengan perlindungan polisi Israel. 

“Tindakan provokasi dan tidak bertanggung jawab dikecam, ditolak  dan melanggar kewajiban Israel sebagai kekuatan pendudukan di Yerusalem Timur di bawah hukum internasional dan kemanusiaan,” rilis Kemenlu Yordania.

Tindakan ini melanggar semua norma dan hukum internasional yang menghendaki dihormatinya tempat-tempat beribadah semua agama, dan mengundang kemarahan umat Islam di seluruh dunia. 

Juru bicara Kemenlu Yordania menambahkan bahwa pemerintah Israel telah membiarkan para ekstrimis Yahudi menaiki atas Qubbat al Shakhrah (kubah emas) Ahad pagi dalam upayanya “mengubah posisi hukum dan sejarah Masjid al Aqsha.”

Jordan sends diplomatic note to Israel over violations in Al-Aqsa mosque

Dia mengatakan tindakan provokatif harus segera dihentikan dan status Masjid bersejarah ini harus dijaga. Kemenlu juga menegaskan pentingnya menghormati peran Yordania atas tempat suci di Yerusalem Timur sesuai dengan perjanjian damai antara dua negara. 

Bagi Muslim, Al Aqsha menjadi tempat suci ketiga umat Islam. Yahudi mengklaimnya sebagai tempat dua kuil suci mereka pada masa kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur dimana Al Aqsha berada selama Perang Arab-Israel 1967 dan kemudian secara sepihak mencaplok seluruh kota pada 1980 sebagai ibukota Israel. 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *