Yusuf Qaradhawi Dijatuhi Hukuman Mati Pengadilan Militer Mesir

Selanjutnya, pengadilan meminta pendapat Mufti besar, otoritas keagamaan tertinggi, atas hukuman tersebut. Mufti biasanya diminta pendapatnya sebelum keputusan hukuman mati menjadi final. Hanya saja, pendapatnya tidak mengikat.

Para tersangka dalam kasus diantaranya adalah ulama kenamaan Syeikh Yusuf al Qaradhawi, yang memimpin Persatuan Ulama Internasional dan juga anggota senior Ikhwanul Muslimin.

Jumlah totalnya 52 tersangka, 8 diantaranya dijatuhi hukuman mati. 

Wael Tahoun, kepala polisi Mattariya di Kairo tewas pada 2015. Organisasi dan aktivis HAM mengatakan bahwa para tahanan yang dibawah kendalinya mengalami siksaan hingga tewas. Lembaga Inisiatif Mesir untuk Hak Personal, yang dikenal dengan nama EIPR menyebut kantor polisi tersebut sebagai rumah penjagalan. 

Pengadilan menuduh para tersangka adalah anggota organisasi terlarang yang sedang menghalangi tugas institusi negara dan melanggar hak warga negara. 

Pengadilan militer menjadwalkan 17 Januari sebagai proses akhir keputusan vonnis hukum. 

Sejak kudeta militer 2013, Presiden Muhammad Mursi dan Ikhwanul Muslimin dituduh melakukan aksi terorisme. Junta militer melakukan pembasmian atas organisasi dan para simpatisannya, yang mengundang kritik dari pelbagai kelompok HAM internasional.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *