Pemimpin Partai Al Ishlah di Yaman Ditembak Mati

Anggota senior Partai Al Ishlah di Yaman yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin ditembak mati di Yaman utara pada Senin (15/8), demikian sumber Partai Ishlah mengungkapkan.

Dua orang yang mengendaraiย sepeda motor menembak Saleh Ahmed al Anhami ketika sedang mengendarai mobilnya di Kota Dhamar. Saleh wafat seketika di tempat kejadian.

Meskipun tidak ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas aksi pembunuhan tersebut, kota Dhamar berada dibawah kendali kelompok pemberontak Syiah Houthi.

Seranganย itu sendiri menurut sebuah sumber terjadi di dekat markas keamanan Houthi.

Pada April lalu, anggota Al Islah juga ditembak di kota yang sama.

Yaman dikoyak perang saudara sejak 2014, sejakย kelompok Houthi merebut ibukota Sanaa dan beberaapa provinsi lainnya, sehingga memaksa Presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi yang didukung Saudi melarikan diri ke Riyadh.

Maret tahun lalu, Arab Saudi dan negara-negara Teluk melancarkan serangan militer besar-besaran di Yaman untuk memulihkan pemerintahan Hadi dan menyingkirkan Houthi.

Dengan dukungan serangan udara Saudi, kelompok pro Hadi berupaya merebut kembali wilayah selatan Yaman -termasuk ibukota Aden- namun hingga kini masih gagal merebut kembali Sana dan beberapa kota strategis lainnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *