13 Langkah Mudah Menghapal Qur’an Menurut Yasir Qadhi

Menghafal Al Qur’an adalah proyek fisik dan spiritual. Adalah Mukjizat dan Kasih Sayang dari Allah yang menjadikan kamu dapat menghafal Al Qur’an. Jika engkau ingin mendapatkan Rahmat Allah maka tempatkan dirimu untuk siap menerimanya secara fisik dan spiritual agar mendapatkan hasil yang maksimum.

Berikut ini 13 hal yang engkau harus lakukan:

  1. Kesungguhan Niat.Hal pertama yang engkau harus perhatikan adalah niat. Jika engkau memiliki niat yang lurus maka hasilnyapun akan lurus. Pastikan niatmu karena Allah SWT dan untuk mendapatkan Ridlonya. Insya Allah dengan Kemurahan-Nya, kita akan mendapatkan hasil yang baik di akhirat kelak. Tidak perlu kau pamerkan kepada orang lain, jika engkau memiliki hafalan yang banyak. Keikhlasan bukan pekerjaan sekali jadi, namun dia merupakan perjuangan terus menerus yang harus selalu diperbaharui.
  2. Semakin sering menghafal, maka semakin mudah jalannya. Sangat penting untuk konsisten dan jangan lewatkan barang seharipun untuk tidak menghafal. Tidak ada hari libur untuk beribadah. Minimum hafalan sehari adalah tiga baris, 5 lebih ideal.  Jika engkau konsisten maka engkau akan menjadi hafidz dalam 5-6 tahun.
  3. Hal pertama yang harus engkau lakukan dalam memulai harimu adalah menghafal, lakukan sebelum makan makan pagi, karena ini adalah sarapan spiritualmu. Waktu yang tepat adalah setelah fajar.
  4. Carilah tempat yang tenang untuk menghafal. Engkau tidak dapat menghafal dengan banyak gangguan, maka matikan semua gadget-mu.
  5. Mulailah di waktu, tempat dan gunakan mushaf yang sama setiap harinya. (Mushaf Madani sangat baik), sehingga pelbagai hal itu menjadi biasa bagimu.
  6. Bukan Sulap.Ulangi, ulangi dan ulangi terus menerus. Ini adalah bacaan yang diulang-ulang. Mendengarkan murottal juga akan membantu hafalanmu.
  7. Menghafallah dengan mengetahui artinya.Bacalah terjemahannya sebelum engkau memulai dan cobalah cocokkan kata-kata Arabnya dengan artinya.
  8. Kelilingi dirimu dengan bacaan Qur’an.Dengarkan Al Qur’an. Sebelum engkau menghafal, dengarkan apa yang engkau akan hafalkan.
  9. Carilah teman untuk menyimak. Carilah teman, anggota keluarga atau seseorang yang akan mendengatkan bacaanmu setiap hari. Idealnya, engkau punya teman yang sama-sama menghafal sehingga akan membangun suasana berlomba menghafal diantara kalian.
  10. Bacalah setiap harinya dalam sholatmuapa yang engkau telah hafal. Jika engkau lupa, segeralah cari Qur’an dan koreksi kesalahanmu hingga engkau tidak salah lagi.
  11. Tiga hal yang harus lakukan setiap hari:
  • Di waktu lain pada hari itu, perbaiki hafalanmu sebelumnya selama 7 hari. Minimum 4-5 halaman.
  • Perbaiki hafalanmu tujuh hari berturut-turut sebelum engkau menambah hafalan lagi. Ini karena hal tercepat yang menyebabkan engkau lupa adalah adanya hafalan baru. Dengan melakukan hal yang demikian, berarti kamu menjembatani antara bagian yang sudah engkau hafal dengan bagian baru yang akan engkau hafal. Plus, hal ini akan menjadi penghangat yang baik bagi akalmu ketika engkau mengingat kembali hafalanmu dan membacanya sebelum engkau mempraktikkan hafalan barumu.
  • Tambah hafalan di waktu yang engkau tetapkan.

12.  Jangan Meloncat. Jangan mencoba melompat ke surah lain, jika engkau menemui kesulitan dalam menghafal. Tetaplah urut, karena itu, engkau akan mendapati kepuasan karena dapat menyelesaikan satu jus ketimbang meloncat-loncat hafalannya.

13. Tiga Bagian Hafalan. Mulailah dari belakang. Surat-surat pendek akan memberi dorongan semangat. Engkau membagi bagian hafalan Qur’an menjadi tiga bagian:

  •  Juz 28, 29, 30 atau hanya Juz 29, 30
  •  Surah Al-Kahf hingga Juz 28
  • Surah Al-Baqarah hingga Surah Al-Kahfi

 

 

Selamat mencoba.

 

sumber: muslimmatters.org

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *