Kajian Mutiara 40 Hadist Imam Nawawi Bersama Ust. Abdul Bari, Lc

Kitab Jami’ Ulum wal Hikam (Kumpulan Ilmu dan Hikmah) karya Ibnu Rajab al Hambali merupakan penjelasan lengkap dari 40 hadist (arbain) yang dikumpulkan oleh Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi  atau lebih dikenal dengan sebutan Imam Nawawi.

Kitab Ibnu Rajab ini menjadi sangat  menarik dan penting bagi pedoman keluarga Muslim karena, sang penulis merangkum pelbagai penjelasannya dalam metodologi yang cukup komprehensif dan mudah dipahami, diantaranya;

  1.  Mentakhrij hadits dan menyebutkan berbagai jalan (riwayat) dan lafadz hadits tersebut. Ibnu Rajab mengkomparasikan dan menjelaskan derajat berbagai riwayat hadits dimaksud.
  2. Mengutip ayat-ayat al Quran untuk menjelaskan tentang hadits dimaksud. Ibnu Rajabjuga menukil atsar (perkataan) para Salafus Shaleh yang menjelaskan pelbagai makna hadits yang dimaksud.
  3. Mengutip banyak hadits lain dalam menjelaskan makna dan esensi hadits yang dimaksud.
  4. Menjelaskan hadits gharib (yang asing) dan menguraikan kandungannya dengan penjelasan yang menarik, serta menyebutkan berbagai faidah dan maksud yang dapat diambil dari hadits tersebut.
  5. Menyebutkan hukum-hukum fikih dari hadits dengan merujuk kepada narasumber/referensinya
  6. Melengkapi dengan  kata-kata hikmah dan nasihat-nasihat berharga dari para Salafus Shaleh yang ada kaitannya dengan hadits.

Ikuti kajian rutinnya dalam program Permata Dunia di Permata FM 107,7; Inspirasi Sahabat Mencerdaskan pada Hari Rabu, Pukul 20.00 WIB bersama Ustadz Abdul bari, Lc.

Selamat Menyimak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *