Profil Radio Komunitas Pendidikan Permata FM

Latar Belakang Pendirian ย Permata FM

IMG-20160810-WA0026Perumahan Pucang Gading adalah kompleks permukiman seluas 294,36 HA yang berlokasi di Desa Batursari dan Kebonrejo, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Di sebelah utara, berbatasan dengan Perumahan Plamongan Desa Batursari, sebelah dengan Desa Batursari, Selatan dengan Desa Kebonbatur dan bagian Barat dengan Desa Batursari. Sebagai kompleks permukiman yang berkembang sangat pesat, perumahan Pucang Gading kini memiliki jumlah penduduk lebih dari 20.000 jiwa yang mencakup wilayah administratif 19 RW/133 RT berada dibawah kelurahan Batursari dan Kebonbatur, memiliki sarana pendidikan yang lengkap dari SD hingga SMA baik negeri maupun swasta maupun ketersediaan sarana penunjang lainnya, seperti fasilitas kesehatan, olahraga, kompleks bisnis maupun pertokoan. Pucang Gading juga merupakan lokasi stasiun TVRI Regional Jawa Tengah yang menjadi kebanggaan warga Jawa Tengah.

Karakteristik penduduk Pucang Gading adalah warga urban pada awalnya kelas menengah kebawah yang berada di pinggiran timur Kota Semarang, yang mengandalkan penghasilan dari perdagangan dan jasa. Hampir 95 persen, warga Pucang Gading bekerja di Semarang dan seiring dengan perluasan kota Semarang dan pertumbuhan kawasan permukiman kelas menengah keatas, Pucang Gading tumbuh menjadi sentral permukiman yang diminati dan ramai. Seiring pertumbuhan dan distribusi ekonomi yang tidak merata, terutama antara warga asli dengan pendatang dan kecenderungan rendahnya kesadaran moral di kalangan remaja dan pemuda, maka tak pelak kawasan permukiman ini juga menyimpan sejumlah masalah sosial yang jika tidak ditangani segera berpotensi menciptakan permasalahan sosial serius, sehingga disharmoni, konflik sosial dan ketidaktentraman dalam kehidupan ย masyarakat.

Berangkat dari pertimbangan potensi, ย kesadaran atas potensi ancaman disintegrasi sosial dan sebagai upaya serius social re-IMG-20160505-WA0014engineering, maka YP2SDU (Yayasan Pengembangan Pendidikan Sumber Daya Umat) al Hikmah sebagai lembaga nir laba yang konsern atas isu sosial memandang penting mendirikan lembaga siaran Radio Komunitas Permata yang dapat menjalankan peran penjembatan, fasilitasi dan dinamisasi dalam kehidupan masyarakat Pucang Gading melalui program pendidikan dan penyadaran keagamaan. Yayasan al Hikmah selama ini telah sukses mengembangkan lembaga pendidikan mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga pendidikan dasar 9 tahun. Pendirian Radio Komunitas Permata diharapkan menjadi sarana dan upaya penjangkauan kesadaran tersebut secara lebih luas dan merata ke seluruh masyarakat Pucang Gading pada khususnya dan masyarakat sekitarnya, seperti di Perumahan Plamongan Indah, Desa Batursari dan Kebonbatur pada umumnya. Langkah ini juga dapat dilihat sebagai upaya kecil meningkatkan kemampuan (capacity building) para sukarelawan sosial di YP2SDU pada khususnya dan warga Pucang Gading pada umumnya dalam media komunikasi dan penyiaran dalam menatap era teknologi digital dan memanfaatkannya untuk kepentingan kebajikan dan pembangunan bangsa.

IMG-20160505-WA0020

Visi

Menyediakan media layanan penyiaran yang mengedukasi dan memberdayakan melalui pendekatan spiritual keagamaan bagi masyarakat Perumahan Pucang Gading dan sekitarnya menuju terciptanya masyarakat harmonis, tenteram dan beriman.

Misi:

  1. Memberikan pengetahuan dan hiburan alternatif bagi masyarakat Pucang Gading sekitarnya,
  2. Memfasilitasi terbangunnya unsur-unsur kebajikan dalam masyarakat melalui program-program pengetahuan, edukasi dan hiburan yang berkualitas dan menguatkan spiritual,
  3. Menjadi media perkumpulan dan edukasi serta menumbuhkan minat positif dan membangun bagi kalangan remaja,
  4. Menjadi penjembatan silaturahim masyarakat dengan aparat para pemangku kepentingan di Pucang Gading dan sekitarnya baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan keamanan,
  5. Sarana peningkatan kapasitas sukarelawan sosial YP2SDU dalam memanfaatkan teknologi media komunikasi untuk kepentingan yang positif dan bertanggung jawab.

IMG_20160803_223946IMG-20160505-WA0012IMG_20160722_162745-800x445IMG-20160718-WA0047-1-800x445

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *