Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Militer Irak Ancam Serang Pasukan Turki

Militer Irak akan menyerang pasukan Turki di Irak utara jika mereka ikut campur dalam perang pembebasan Mosul yang dikuasai ISIS, ancam pejabat dan komandan milisi Syiah Irak.

Turki telah menempatkan ratusan pasukan bersenjata berat di kota Bashiqa Irak, 12 Km timur laut Mosul.

Pemerintah Baghdad pro Syiah berulang kali menyampaikan protes penempatan pasukan dan menuntut segera penarikan pasukan Turki dari wilayah Irak.

Deputi PM Turki Numan Kurtulmus mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yang berhak keberatan atas kehadiran pasukan Turki di Irak disaat negeri itusedang terpecah belah, seraya menambahkan bahwa ย pasukan Turki bukanlah pasukan pendudukan.

“Jelas bahwa pemerintah regional di Irak utara dan pemerintah Barzani yang meminta dukungan dan mencari bantuan dari pasukan Turki, khususnya untuk melatih pasukan lokal untuk merebut Mosul,” tandasnya

Kehadiran pasukan Turki disambut oleh kebanyakan faksi Sunni dan Kurdi untuk apa yang mereka anggap sebagai penyeimbang kehadiran pasukan Syiah Iran di Irak.

‘Ancaman Regional war’

Menjelang operasi pembebasan Mosul, ketegangan Baghdad dan Ankara meningkat.

Pekan lalu, parlemen Turki menyetujui perpanjangan mandat kehadiran pasukan Turki di Irak selama setahun kedepan.

PM Irak Haidar al Abadi mengancam akan terjadi “Perang Regional” ย jika pasukan Turki turut campur secara militer di Mosul.

“Pemerintah Irak menegaskan bahwa tidak boleh ada peran pasukan Turki dalam urusan Irak,” kata pejabat militer Irak.

“Setiap pergerakan pasukan Turki selama operasi militer akan dihadapi dengan keras,” tambahnya.

Kamis, Irak meminta diselenggarakan pertemuan darurat di Dewan Keamanan untuk membahas pengambilalihan wilayah Irak dan gangguan urusan dalam negerinya.

“Kami akan bekerja dengan masyarakat internasional, namun jika upaya internasional yang dipimpin AS gagal meyakinka atau memaksa Turki keluar dari Irak, maka semua opsi akan digunakan,” ancamnya.

Militer Irak dengan bantuan AS dan milisi Syiah yang disebut Pasukan Mobilisasi Rakyat berupaya merebut wilayah-wilayah yang diduki ISIS. Beberapa milisi Syiah, termasuk Badr, Asaib al Haq, Kataib Hizbullah Irak menjadi inti dari milisi yang dibentuk pemerintah Irak.

Mereka mengancam menyerang pasukan Turki jika mereka “bersikeras tetap tinggal di Bashiqa atau memperluas kehadirannya di Mosul”.ย 

ย 

 

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *